Senin, 04 Oktober 2010

Ceguken = tambah gedhe…???

Disebabkan karena kebanyakan makanan yang masuk diperut sehingga menyebabkan udara yang didalam perut tertekan dan berusaha keluar. Secara umum perut berisi 3 macam yaitu; air, udara dan makanan. Krn kebanyakan makanan yang masuk maka yang terdesak adalah udara dalam perut, udara ini tertekan shg “memaksa” untuk keluar. Sehingga terjadilah yang namanya ceguken.

Lalu apa hubungannya dengan tambah gedhe??
Orang tua qt dl sering bilang gitu kan klo pas ceguken. “Iku tandane rep tambah gedhe”, ya jelas lah… ceguken = kebanyakan makan = cepat tambah besar. Apalagi dalam masa2 pertumbuhan. Tentu banyak makan akan sangat membantu dalam pertumbuhan.

Bagaimana mengatasi??
Menurut orang tua dulu, qt minum yang hangat2… tapi klo saya rasakan itu kurang efektif.. hanya menambah ceguken aja.. soalnya klo qt minum air hangat brarti menambah makanan yg masuk dan berarti semakin banyak udara yg tertekan dan semakin ceguken. Menurut beberapa literature, makan daun mint sangat efektif utk meredakan ceguken. (tapi le tuku nangdi daun mint) (makan permen mint sama gak ya??)
Tapi menurut saya yg efektif dan efisien adalah minum teh secang, air jahe atau wedang uwuh khas imogiri. Memang sich akan menambah air yang masuk, namun rasa hangat yang ditimbulkan secang, jahe, dan wedang uwuh akan sangat membantu dalam keluarnya udara dari perut, Bisa berupa sendawa atau kentut… maka ceguken akan mereda. Selain itu rasa hangat akan membuat perut merasa lapar lagi…. Maka kepengen makan lagi. So setuju kan klo ceguken tandane rep tambah gedhe???? Hehehhee….

Lalu bgmn agar tetep tambah gedhe namun gan ceguken???
Ya... ikuti saran Nabi, "Makanlah setelah lapar dan berhentilah sebelum kenyang"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar